Published Agustus 01, 2017 by with 0 comment

Laptop Kena Air ? Ini 8 Cara Mengatasi Laptop Kena Air

caralaptop.com - Tentu saja akan menjadi mimpi buruk bagi penggunanya bila secara tidak sengaja laptop terkena cipratan atau lebih parahnya lagi laptop terkena siraman air. Apalagi jika yang terkena air adalah bagian keyboard laptop, tentu hal ini akan berisiko pada rusaknya bagian-bagian penting laptop yang berada pada bagian dalam mesin seperti motherboard.

Cara Mengatasi Laptop Kena Air 

Meskipun terdegar sepele, jauh lebih baik jika kamu menjaga laptopmu dari peristiwa seperti ini. Karena jika tidak segera ditangani dengan benar, laptop yang terkena air kemungkinan akan menimbulkan kerusakan yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan.

Contohnya saja, jika secara tidak sengaja keyboard laptop terkena siraman air. Maka beberapa saat kemudian laptop akan mati total, maka sebagai konsekuensinya kerusakan bisa saja terjadi pada bagian motherboard. Seperti yang diketahui biaya penggantian motherboard tidaklah murah bahkan harganya tidak jauh berbeda dengan harga laptop yang baru. Hal ini dikarenakan motherboad merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop/komputer.

Nah, jika Anda mengalami peristiwa tersebut, maka sebaiknya simaklah beberapa tips berikut ini sebagai langkah awal cara mengatasi laptop kena air.


1. Segera Lepaskan Kabel Charger

 

Segera Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop sedang di-charge maka sesegera mungkin lepas kabel charge-nya.  Laptop yang terkena cipratan atau siraman air maka dapat menghantarkan arus listrik yang jauh lebih besar sehingga dapat mengakibatkan setruman jika menyentuhnya. Sebagai akibatnya, maka bagian penting laptop/komputer seperti motherboard dapat terkena efek korosi.

Sebagai catatan, jika laptop/komputer Anda terkena siraman atau cipratan air ketika sedang di-charge dan tiba-tiba mati, maka jangan sekali-kali menghubungkan kabel charger ke laptop ataupun mencoba untuk menekan tombol power karena hal ini dapat akan menyebabkan laptop menhantarkan arus listrik ataupun menjadi korslet.


2. Lepaskan Baterai Laptop

 

Lepaskan Baterai Laptop 

Lepas baterai laptop sesegera mungkin dari tempatnya. Dalam beberapa kasus terdapat beberapa tipe laptop yang bagian baterai tidak dapat dilepas secara langsung maka segeralah untuk membalik laptop Anda.


3. Balik Laptop 

 

Balik Laptop  

Langkah selanjutnya adalah membalik laptop Anda, hal ini dimaksudkan agar air yang masuk ke dalam bagian laptop dapat menetes keluar pada celah-celah keyboard. Jika memungkinkan, biarkan laptop dalam keadaan terbalik selama 1-2 jam atau hingga dirasa semua air telah keluar.


4. Pisahkan Bagian yang Basah

 

Pisahkan Bagian yang Basah

Dalam kasus yang parah maka jika memungkinkan maka gunakanlah obeng untuk membuka keyboard laptop Anda dan pisahkan komponen yang basah dan yang kering . Kemudian jemurlah bagian keyboard di tempat yang kering tapi tidak dalam keadaan cuaca panas serta dalam posisi terbalik, bacalah buku panduan jika tersedia.

Apabila cairan yang tumpah adalah non-air seperti minuman bersoda, teh, atau kopi yang bersifat lengket maka bersihkan sela-sela keyboard laptop menggunakan kuas yang dibasah air murni (air penulingan). Komponen keyboard biasanya terdiri dari kerangka penyangga, papan tombol, serta punchcard yang terbuat dari karet dan jalur bus, Sehingga besar kemungkinan bagian keyboard seperti punchcard yang terkena cairan akan lengket dan tertekan sendiri akibat genangan air.

Sebagai catatan, ketika menjemur keyboard pastikan untuk menekan tuts atau tombol keyboard agar uap air yang masih tertinggal pada keyboard tidak membuat lengket.


5. Bersihkan Bagian yang Basah 


Bersihkan Bagian yang Basah

Cobalah memeriksa bagian-bagian seperti lubang pengisian baterai (charge), lubah kabel USB, layar, kamera layar, serta bagian-bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

Ketika ingin membersihkan bagian yang basah maka pakailah cotton bud (pembersih telinga), ataupun kapas untuk mengeringkan bagian yang basah. Lakukan langkah ini sebagai upaya untuk menarik sisa cairan pada komponen yang masih basah. 


6.  Masukkan Kedalam Beras atau Gel Silika


Masukkan Kedalam Beras atau Gel Silika

Sama halnya jika smartphone Anda terkena cairan, timbun laptop Anda kedalam beras atau gel silika, hal ini dimaksudkan agar kelembaban di dalam laptop dapat terserap karena beras atau gel silika mampu mengeringkan atau menghisap cairan pada laptop.


7. Diamkan Laptop Selama 10 Jam

 

Diamkan Laptop Selama 10 Jam

Untuk memastikan tidak ada lagi cairan di dalam laptop, minimum diamkan laptop Anda selama kurang lebih 10 jam. Jika Anda memiliki keahlian khusus, maka bongkarlah laptop Anda, bagian penting yang pertama kali harus Anda cek adalah bagian motherboard serta bagian penting lainnya yaitu prosessor, hardisk, RAM, optical drive, wifi. Hal ini dimaksudkan agar bagian motherboard tidak mengalami korosi.

Lepaskan juga bagian LCD panel dari frame pada laptop, hal ini dikarenakan jangan sampai terdapat air pada celah LCD panel mengingat LCD panel laptop terdiri dari lapisan-lapisan. Jika dibiarkan maka dapat mengakibatkan timbulnya bintik-bintik putih pada LCD.


8. Bawa Ke Reparasi / Tukang Service

 

Bawa Ke Reparasi / Tukang Service

Jika Anda telah melakukan semuah langkh diatas, namun setelah dipasang kembali laptop tidak kunjung menyala atau bahkan tercium bau hangus maka segera lepas kembali bagian dan kunjungilah tukang reparasi laptop.

Sekian tips 8 cara mengatasi laptop kena air , semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda ketika mengalami kejadian tersebut.








      edit

0 komentar:

Posting Komentar