Published Juni 20, 2017 by with 0 comment

Apa itu Malware, Worm, Trojan Horse - Pengertian dan Jenisnya

Pengertian Malware, Worm, Trojan



Malware



Pengertian Malware

Istilah malware merujuk pada suatu program yang dapat dieksekusi sehingga  dimungkinkan dapat merusak sistem komputermu. Seorang ahli program atau programmer kadang kala melakukan kesalahan ketika membuat suatu program dan dalam dunia komputer kesalahan itu disebut dengan istilah bug. 


Apa hubungannya bug dengan Malware ? 

Bug atau kesalahan program yang dibuat oleh seorang programmer itu bisa saja dikelompokkan  sebagai Malware jika bug dari program yang dibuatnya dapat merusak atau mengganggu sistem komputer yang Anda miliki. Oleh karena itu, Virus, Trojan, dan Worm masuk dalam kategori ini. 


Worm 


Pengertian Worm ?

Worm merupakan sebuah program berbahaya yang berbeda dengan virus. Worm tidak menempel atau mengubah file seperti virus, tetapi hanya doyan nangkring di komputer kamu yang sering terhubung ke internet atau di dalam jaringan. Meskipun worm hanya berada di memori komputer/laptop kamu, tetapi dia akan beraksi dalam sebuah jaringan dengan terus menduplikasi dirinya. 

Biasanya sebuah jaringan yang ada Worm-nya dapat dipastikan kecepatan aksesnya akan menurun. Celakanya, selain memperbanyak dirimelalui jaringan, Worm juga bertugas membuat backdoor untuk menyusup dan memungkinkan mengendalikan dari jarak jauh (remote) suatu komputer. 


Trojan Horse


Pengertian Trojan Horse 

Istilah kuda troya (Trojan Horse) berasal dari sebuah mitologi Yunani saat peristiwa perang Troya. Dikisahkan, pada zaman dahulu pasukan Yunani berperang melawan pasukan dari Kerajaan Troya selama sepuluh tahun. Karena begitu tangguhnya pasukan dari Kerajaan Troya. Karena sulitnya mengalahkan pasukan Troya, Yunani memutar otak untuk mengakali perang ini. 

Yunani pun mendapatkan sebuah ide yaitu membuat dengan membuat sebuah kuda raksasa yang di dalam rongga badannya yang besar menampung pasukan Yunani. Akhirnya Yunani berpura-pura mengalah dan mundur lalu menghadiahkan kuda raksasa ini kepada rakyat Troya. Alhasil, rakyat Troya membawa kuda raksasa berisi banyak pasukan ini ke dalam kota. Bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya bukan ? pada malam harinya pasukan Yunani keluar dari kuda tersebut dan akhirnya berhasil menaklukkan Troya.

Sama jahatnya dengan siasat Yunani, Trojan menyusup dan menghancurkan yang diinginkannya, dalam konteks ini adalah komputer/laptop kamu. Tidak seperti virus komputer yang menyerangmu secara langsung, Trojan bergerak diam-diam tanpa kamu ketahui, tetapi punya potensi merusak yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan virus. 

Berikut ini jenis-jenis Trojan menurut Dancho Danchev. 


1. Trojan Remote Access 

Bisa dibilang jenis Trojan yang satu ini paling banyak beredar karena fungsinya sangat banyak. Trojan jenis ini dapat menyerang komputermu dengan cara menunggu diaktifkan dan membuka backdoor di komputer tanpa diketahui. Melalui jaringan atau internet orang yang menyerangmu juga akan mengaktifkan program lainnya yang nantinya kombinasi ini membuat dia bisa mengendalikan komputermu. 


2. Trojan Pengirim Password 

Tugas utama dari trojan pengirim password ini adalah mengirimkan password yang ada di komputermu atau internet ke sebuah e-mail khusus yang telah disiapkan oleh sang pembuat Trojan tersebut. Trojan ini mengambil password di dalam file HTTP, FTP, IRC, dan ICQ. Trojan jenis tergolong sangat berbahaya jika berhubungan dengan bank dan credit card (e-banking).


3. Keyloggers Trojan 

Jenis trojan yang satu ini termasuk sederhana, keyloggers trojan mmapu membaca password kamu dari ketukan keyboard. Rekaman tersebut disimpan di suatu tempat yang disebut dengan logfile. Jadi, jika komputer kamu disusupi Trojan jenis ini dan kamu mengetik user-id dan password dapat dipastikan rekamannya ada di dalam logfile. 

Ia akan beraksi saat kamu sedang online dan offline, bahkan dia juga mengetahui apakah status kamu lagi online atau tidak. Jika kamu sedang offline, rekaman tadi disimpan dulu ke dalam hardisk mu (tanpa kamu ketahui), pada saat kamu online barulah dia mengirim data-data tersebut kepada si penyerang atau penyusup. 

4.Trojan Penghancur 

Namanya memang sesuai dengan yang dilakuin Trojan ini.  Sederhana, mudah digunakan, dan sangat berbahaya, mungkin inilah tiga kata yang cocok untuk menggambarkan dari apa yang dapat dilakukan oleh Trojan yang satu ini. Sekali saja komputer kamu terinfeksi maka trojan penghancur akan menghapus sebagian bahkan semua file sistemmu. 

Sebagai contoh file-file yang berekstensi *.ini, *.exe, dan *.com. Jika file file tersebut dihilangkan, sistem di komputermu menjadi rusak layaknya apa yang yang virus biasa lakukan. Bedanya, Trojan ini melakukan rencana jahatnya denga menunggu waktu yang ditentukan oleh si programmer atau si pembuatnya.


Trojan Lainnya yang Mesti Kamu Tahu

 
Berikut ini beberapa jenis Trojan tambahan yang harus kita kenali. 


1. Trojan Distributed Denial of Service (DDoS) Attack 

Dengan asumsi sipenyerang sudah mendapatkan banyak korban, anggaplah 500 korban yang sambungan internetnya memakai ADSL (koneksi internet lewat kabel berkecepatan tinggi), lalu mulai menyerang serta melumpuhkan secara bersamaan komputer yang telah ditarget, dengan mengirimkan file/data yang begitu banyak, sehingga lalu lintas datanya otomatis akan sangat padat melewati kapasitas jalur internet sipengguna, akibatnya sambungan internet dan komputer pun akan putus. 


2. Software Detection Killers 

Beberapa Trojan yang beredar umunya telah dilengkapi dengan kemampuan untuk melumpuhkan software pendeteksi. Jadi jika kamu memasang software pendeteksi Trojan, jangan pikir kira telah bebas dari masalah karena dilumpuhkan oleh Trojan. 

Berikut ini beberapa istilah dan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan Malware, Virus, Trojan, dan Worm. 


1. Exploit 


Ini adalah suatu program atau kumpulan data yang masuk ke komputer melalui kelemahan keamanan komputer kita ataupun bug (cacat/kesalahan) suatu aplikasi atau sistem operasi. Exploit bisa melalui jaringan atau komputer lokal yang tidak terkoneksi ke dalam jaringan, serta berfungsi meningkatkan hak akses atas suatu jaringan atau komputer lokal untuk mengendalikan dan mengambil data di da lamnya. 


2. Spyware 


Suatu program tanpa diketahui telah ter-install secara diam-diam di komputermu. Setelah ter-install, spyware akan mulai mengontrol dengan memonitor setiap aktivitas ataupun kebiasaan berinternet yang kamu lakukan seperti situs apa saja yang sering kamu kunjungi. Spyware ini bisa kita anggap seperti seorang mata-mata (spy) yang menyusup di sebuah kota lalu mengamati gerak-gerik dan aktivitas penduduk sehari-hari, setelah itu akan datang banyak surat ke rumahmu tentang penawaran-penawaran menarik yang berhubungan dengan aktivitas-aktivitas yang sering kamu lakukan sehari-hari. 


3. Adware 


Adware adalah istilah untuk suatu program mencurigakan yang meng-install dirinya secara diam-diam di komputermu. Tetapi, dia selalu menampilkan iklan pada saat kamu berselancar di internet. Kamu bisa dengan mudah menyingkirkan Adware karena jarang berbahaya dan tidak meru sak sistem. Namun, tidakjarang adware yang tidak hanya menampilkan iklan pada saat kamu memakai internet juga mengambil user-id, password, dan daftar alamat e-mail. 


4. Backdoor 


Backdoor adalah suatu mekanisme atau metode yang bisa digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan. Dulunya backdoor ini dibuat oleh seorang programmer agar bisa mengakses programnya sendiri ketika terjadi bug (kesalahan dalam pemprograman atau crash yang terjadi pada programnya).

Rootkit dari suatu program atau gabungan dari beberapa program yang mencoba untuk mengambil alih sistem secara luas, sebagai contoh mengambil alih sistem pada account administrator pada Windows. Rootkit ini umumnya mampu menyerang segala jenis sistem operasi, sehingga mampu menghilangkan bahkan menyembunyikan file-file tertentu ke dalam sistem. Saya rasa cukup segini pembahasannya tentang virus, memang sedikit membingungkan karena satu dengan yang lainnya memiliki fungsi yang hampir mirip. 

Cara mudah mengingatnya adalah, Jika terdapat sebuah program perusak yang mencoba melakukan aktivitas tertentu seperti menginfeksi file, melakukan manipulasi komputer kamu, menghilangkan file/data tertentu, file/data yang selalu ada di memori, program tersebut dapt dipastikan adalah sebuah virus. Sebaliknya Jika program tersebut menyusup serta mencari informasi mengenai berbagai aktivitas komputermu kemungkinan besar adalah Trojan, Rootkit, Spyware atau Adware, tergantung  aktivitas seperti apa yang setelah menyusup ke komputermu. 

Bagaimana Trojan bisa mengendalikan komputermu ? Itulah fungsi backdoor yang dibuat oleh Trojan ketika menyusup, kalau dia menyebar ke jaringan.


Sekian informasi mengenai Pengertian Malware, Worm, Trojan. Semoga membantu

      edit

0 komentar:

Posting Komentar