Published Mei 22, 2017 by with 0 comment

Virus Komputer adalah..Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Virus Komputer

Virus Komputer


Apa itu virus komputer ?


Virus tidak hanya menyerang tubuh manusia, tapi virus juga dapat menyerang komputermu. Jika kamu bersin-bersin, demam, hingga mengalami flu berat, dengan kata lain virus biologis telah berhasil menyerang antibodi di tubuhmu. Makanya kamu jadi lemah. Hal ini tidak berbeda jauh dengan virus yang menyerang komputer, dimana virus komputer menyebabkan stamina komputer menurun. Lalu apa, sih, kesamaan virus biologis dengan virus komputer?

1. Virus biologis dapat menyerang suatu sel tertentu dalam tubuhmu, berkembang beberapa hari hingga membuatmu sakit. Nah, hal ini berlaku juga dengan virus komputer. Virus mampu menembus sistem keamanan komputer lalu menyerang file-file dan membuat komputermu menjadi 'sakit'.

2. Virus biologis dan virus komputer sama-sama memiliki struktur. Namun, struktur yang terdapat pada virus komputer berbeda dengan virus biologis. Virus komputer disusun dari sebuah pengkodean bahasa pemprograman tertentu.

3. Virus biologis memerlukan media penyebaran. Contohnya, ketika kamu bersin-bersin, dan teman kamu berada di dekatmu, kemungkinan besar teman kamu juga bakal tertular. Virus ini menyebar melalui media udara.

Virus komputer juga memerlukan media dalam penyebarannya. Medianya penyebaran virus komputer dapat berupa flashdisk, saluran internet, disket, maupun jaringan komputer (misalnya LAN (Local Area Network).

4. Seorang teman yang jago pelaran Biologi pernah bilang, “Virus itu bukan penyakit. Virus itu bisa kita cegah dengan memperkuat antibodi tubuh kita”. Maksudnya, virus tidak akan mungkin masuk jika tubuh kita sehat. Nah, jika komputer ini ibarat tubuh kita, bakalan rentan terhadap virus jika lemah. Jika tubuh manusia punya antibodi untuk melawan virus maka komputermu punya antivirus. Tentunya, kejelian dan kewaspadaanmu terhadap berbagai hal yang masuk ke komputermu tetap diperlukan.

Selain persamaan di atas, virus komputer bekerja dengan cara nyaris sama dengan virus biologis yang menyerang tubuh manusia.

1. Sama seperti virus biologis, virus komputer mengubah struktur tertentu. Bedanya, jika virus biologis mengubah struktur info genetik sel dalam tubuh, virus komputer mengubah struktur program agar tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebagai contoh, program Jetaudio berubah menjadi generatornya.

2. Biasanya, virus tidak bereaksi seketika itu juga. Kita butuh beberapa hari untuk menyadari jika kita terserang virus. Virus komputer sering melakukan hal yang sama. Dia baru unjuk gigi setelah komputermu dinyalakan dua-tiga kali lagi atau sesegera mungkin.

3. Virus biologis tidak akan menginfeksi sel korban yang sama lebih dari sekali. Ini juga dilakukan virus komputer. Virus tidak akan menginfeksi suatu file di komputermu lebih dari sekali. Pengandaian komputer sebagai tubuh manusia tadi bakal memudahkan kamu memahami virus komputer. Nah, sebelum maju ke medan perang, sebaiknya kenali dulu tipe-tipe musuhmu, lihat kebiasaan dan kelebihan serangan musuh.

Mengenali Virus Komputer  


A. Kriteria Virus Berikut ini kriteria suatu program disebut virus. 

1. Memiliki kemampuan memperbanyak diri


Tanpa diketahui, virus akan memperbanyak dirinya di file-file dalam komputer. Ini menyebabkan kita akan kesulitan dalam mengetahui apakah virus sudah menyebar. Virus komputer juga akan menginfeksi file yang belum tertular, lalu menghapus atau mengubah namanya. Dia juga akan membuat sebuah file baru dengan nama file tadi, yang sebenarnya adalah virus itu sendiri.

2. Memiliki kemampuan mengumpulkan informasi


Virus komputer memiliki kemampuan mencari informasi di komputer kamu. Dia mencari daftar nama-nama file yang bisa diinfeksi, mencari letak table partisi, file FAT 32. Misalnya, virus akan file-file dalam komputermu yang berekstensi doc.menginfeksi file Word yang berekstensi doc. Maka, layaknya petugas sensus, virus akan mendata dulu.

3. Memiliki kemampuan menyembunyikan diri


Yup betul, virus juga punya kemampuan menyembunyikan diri. Kamu nggak bisa mengakses di komputermu, Coba deh, kamu tekan Ctrl + Alt + Del, untuk memunculkan Task Manager yang berisi rincian proses yang sedang dijalankan di komputermu. Task Manager adalah alat yang memperlihatkan kegiatan dalam tubuhmu. Misalnya, jantung kamu lagi memompa darah, hati kamu menetralkan racun. Virus, juga seringkali membuat Task Manager tidak bisa dibuka agar kamu tidak bisa memantau kegiatannya.

Ukuran virus biasanya kecil. Ini bertujuan agar kamu tidak curiga dengan file miliknya. Bisa dibilang ini adalah teknik penyamaran virus.

4. Memiliki kemampuan memeriksa keberadaannya sendiri 


Virus memiliki kemampuan mengenali suatu file apakah sudah ada ID virus tersebut atau belum. Jika belum, virus akan menginfeksi. Hal ini menghindari penyusupan ganda virus komputer ke suatu file.

5. Kemampuan memanipulasi


Banyak virus melakukan hal berikut ini untuk menunjukkan eksistensinya.
  1. Mengubah tampilan layar monitormu dengan gambar atau kadang pesan-pesan aneh yang nggak perlu. Biasanya, sih, pesan-pesan ini dari sang virusmaker-nya
  2. Merusak struktur disk dan menghapus file-file.
  3. Mengganti volume disket. 
  4. Mengacaukan kerja alat-alat komputer, baik 6 itu input maupun output, seperti kerja printer, keyboard, dan berbagai peripheral lainnya.

B. Jenis-Jenis Virus


Ada beberapa virus yang paling sering menyerang komputer.

1. Virus Makro


Umumnya orang menyebut virus ini dengan nama virus Microsoft Word, padahal tidak seperti itu. Virus ini dibuat dengan sebuah bahasa pemprograman aplikasi dan bukan menggunakan bahasa pemprograman sistem operasi. Virus bisa dapat menginfeksi komputermu apa pun sistem operasi yang kamu gunakan, selama kamu masih menggunakan aplikasi tertentu yang dasar bahasa programnya dipakai untuk membuat virus tersebut.

2. Virus Boot Sector


Virus yang memanfaatkan gerbang hubungan antara komputer dan media penyimpan sebagai sarana untuk menularkan virus. Virus ini juga meng ganti boot sector asli dengan miliknya sehingga ketika booting, dia tetap bisa beroperasi di kom puter. Setiap kamu menyalakan komputer, virus akan me-load beberapa proses yang ter-install di komputer dan berdiam di tempat proses asli. Setiap kali komputer dinyalakan secara otomatis (selain memanggil proses yang sebenarnya) ia juga memanggil virus.

3. Polymorphic Virus


Seperti namanya, virus ini memang memiliki banyak bentuk. Virus ingin mengelabui antivirus yang kamu pasang untuk mendeteksi keberadaannya dengan menjelma ke berbagai bentuk.

4. Virus File/Program


Virus ini menginfeksi file atau program yang bisa dieksekusi langsung oleh sistem operasi. File atau program berekstensi *.exe atau *.com sangat rentan terinfeksi virus. Ciri-ciri file atau program yang telah terinfeksi adalah berubahnya ukuran file atau program tersebut.

5. Virus Multipartisi


Virus ini adalah gabungan antara virus file dan boot sector. Virus ini memiliki kemampuan gabungan virus boot sector dan virus file atau program.

6. Virus Script


Dulu virus ini sering dikenal dengan istilah Batch Virus, karena dibuat dari batch file. Virus ini biasanya kita dapatkan melalui internet. Biasanya, dia menumpang pada file HTML (Hyper Text Markup Languange) dan dibuat dengan berbagai bahasa pemprograman, baik Javascript, Visual Basic, maupun gabungannya.

C. Siklus Hidup Virus


Layaknya sebuah virus biologis, virus komputer juga memiliki siklus hidupnya.

1. Dormant Phase (Fase Istirahat/Tidur)


Pada fase ini virus yang menjangkiti komputer kamu masih dalam keadaan belum aktif atau tidur. Dia akan aktifjika dipicu oleh sesuatu, misalnya, tanggal tertentu, aplikasi yang kamu jalankan, dan berbagai pemicu lainnya yang telah ditentukan si pembuat virus.

2. Propagation Phase (Fase Penyebaran)


Salah satu kriteria virus akan berjalan di fase ini, yaitu kemampuannya untuk menggandakan diri dan menginfeksi file atau program di komputermu. Pada fase penyebaran, virus komputer memperbanyak dirinya dengan mengkopi dirinya sendiri ke dalam media penyimpananmu yang kemudian me-load dirinya ke RAM (Random Access Memory). Dengan cara mengkopikan dirinya diprogram start-up dia akan selalu terpanggil pada saat komputer kamu hidup kemudian me-load ke RAM dan menginfeksi program-program lain.

3. Trigerring Phase (Fase Aktif)


Pada dormant phase kita sudah membahas bahwa virus akan aktifjika ada pemicunya. Nah, pada fase inilah virus komputer akan aktif karena sudah dipicu oleh beberapa kondisi.

4. Execution Phase (Fase Eksekusi)


Dari nama fasenya pasti sudah ketahuan kan, virus komputer mau ngapain? Fase ini adalah fase kejayaan virus komputer karena di fase ini virus komputer mulai beraksi menghapus beberapa file kamu sampai memanipulasi komputermu lalu menampilkan pesan-pesan aneh atau bermain-main dengan keyboard dan tampilan desktop komputermu.


Terima kasih sudah membaca Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Virus Komputer, semoga membantu

Update : Blog ini telah berganti nama menjadi caralaptop.com
      edit

0 komentar:

Posting Komentar